Rabu, 24 November 2010

Hasil Komparasi Bebek Injeksi Motor Plus vs OTOMOTIF

Beranda > Motor > Hasil Komparasi Bebek Injeksi Motor Plus vs OTOMOTIF

Hasil Komparasi Bebek Injeksi Motor Plus vs OTOMOTIF


Tulisan ini dibuat bukan untuk menjelek-jelekan salah satu media, apalagi mengembangkan pandangan yang sudah bertebaran di mana-mana soal salah satu majalah yang akan saya bahas kali ini. Monggo sebelum membaca postingan saya yang kali ini kita membuka mata dan batin agar lebih segar dalam menerima segala informasi.
Menarik untuk disimak bila kita melihat lebih jauh soal Komparasi Bebek Injeksi, Supra X125 PGM-Fi vs Shogun Fi. Dilihat memang keduanya dibahas oleh dua majalah yang lumayan terkenal dikalangan motoris, Otomotif dan Motor Plus. Tapi yang membedakan adalah hasl komparasi mengenai performa keduanya. Seakan membuat dua kubu, yang satu mengatakan bahwa Shogun Fi unggul yang lainnya mengatakan sebaliknya.
Dimulai dari kubu Otomoif yang mengatakan bahwa Shogun Fi unggul di soal performa. Tes dilakukan di sebuah jalan datar dengan alat bantu Racelogic. Hasil yang didapat adalah:
Speed             =  Supra     = Shogun
0-60 km/jam = 6,7 dtk   =  6,0 dtk
0-80 km/jam = 11,8 dtk = 10,7 dtk
Akselerasi
Jarak
0-100 m   = 8,3 dtk    = 8,3 dtk
0-201 m   = 13,1 dtk  = 13,0 dtk
Beda performa yang tercatat sebenarnya tidak begitu jauh pada tes kecepatan dan beda tipis di tes akselerasi. Sebagai catatan, Otomotif menambahkan bahwa kedua motor ini sama-sama tangguh di putaran atas.
Sedangkan kubu Motor Plus lain lagi hasilnya. Kali ini Supra injeksi unggul dengan beda waktu tempuh yang lumayan signifikan di beberapa tes. Menurut M+ hal ini diseabkan oleh spek Supra injeksi yang bisa mengail tenaga puncak di putaran mesin yang lebih rendah, juga soal torsi yang senada.Hasil tes yang didapat adalah sebagai berikut:
Speed             =  Supra       = Shogun
0-60 km/jam = 5,88 dtk   =  7,06 dtk
0-80 km/jam = 12,63 dtk = 14,07dtk
Akselerasi
Jarak
0-100 m   = 8,01 dtk    = 8,65 dtk
0-201 m   = 12,72 dtk  = 13,01 dtk
Top Speed
Supra X125 PGM-Fi=115 km/jam
Shogun 125 Fi        =110 km/jam
Terlihat bukan, Supra injeksi unggul telak di semua tes, berbeda dengan hasil tes Otomotif. Sayang sekali saya tidak mengetahui apa alat yang digunakan oleh Motor Plus tapi kita di sini bisa mengandaikan sedikit bahwa hasil ini valid dengan catatan alat bantu yang digunakan, tempat tes, dan joki yang digunakan sama.
Mengapa bisa berbeda? Ada campur tangan pabrikan? Bisa jadi, tapi mari kita melihat lebih jauh bahwa hasil seperti ini memang bisa saja terjadi mengingat banyak juga faktor-faktor yang memengaruhi hasil tes.
Perlu diingat bahwa yang namanya lain media yang melakukan test ride pasti ada perbedaan pada tester yang  menjajal motor. Juga soal lintasan yang digunakan, lintasan yang menanjak berarti bicara soal torsi, yang bertorsi lebih besar akan lebih unggul dahulu. Soal alat penghitung waktu juga harus dilihat secara lebih lanjut. Sudah pakai Vericom atau masih pakai stopwatch?
Bagaimana sikap kita? Monggo, pasti ada pro dan kontra, saya sih netral-netral saja. Memang, keadaan soal faktor-faktor yang memengaruhi pasti berbeda. Jadi sikap kritis kita sebagai pembaca adalah menerima segala fakta statistik dengan bijak, tidak mudah percaya.
Jadi solusi paling jelas adalah silahkan test ride sendiri, lebih puas dan pasti anda lebih percaya.
nb:Torsi Supra dan Shogun berturut-turut =0,99kgf.m@5000rpm dan 1,02kgf.m@5500rpm
Power Supra dan Shogun berturut-turut=9,18ps@7500rpm dan 10,33ps@8500rpm
gambar diambil dari Otomotifnet
hasil test ride Otomotif diambil dari Otomotifnet
hasil test ride Motor Plus diambil dari Motor Plus edisi No.495/IX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar