Kamis, 18 November 2010

Komparasi Yamaha Scorpio Z Vs New Scorpio Z

Komparasi Yamaha Scorpio Z Vs New Scorpio Z



OTOMOTIFNET - Yamaha New Scorpio Z telah diluncurkan pada 21 September 2010, bertempat di kawasan Ancol, Jakut. Secara penampilan memang berubah total, menjadi lebih agresif dan sporti. Cita rasa yang disajikan meniru Yamaha MT-01 dan FZ-8. Selain bodi, tentu banyak perbedaan lain yang membuatnya jauh lebh menarik dibanding Scorpio Z. Nah biar tahu perbedaannya, yuk kita bahas lebih detail.

Pertama bicara dimensi, New Scorpio Z yang punya kode 54D jadi lebih panjang dan lebih berat dibanding Scorpio Z yang berkode 5BP. Tapi lebar keseluruhan jadi lebih ramping. Sedang sumbu roda, tinggi jok dan jarak terendah dengan tanah masih sama. Untuk jelasnya silakan amati tabel.

Selanjutnya perhatikan tangki bensin. Bentuk memang berubah total, lebih menggembung dan dilengkapi air scoop serta tutup tangki sporti. Sehingga terlihat lebih gagah. Namun daya tampung menyusut menjadi 13 liter, sedang pada 5BP sampai 13,5 liter.

Nah, pandangan mata pindah ke spidometer. Kendati kelengkapannya sama saja, namun tampilan berubah total jadi mirip tiga lingkaran berjajar. Paling jelas dimensi jadi membesar, sehingga lebih mudah dibaca. Lanjut pada setang. Kali ini milik 54D dibikin lebih pendek. Sehingga posisi berkendara sedikit lebih merunduk.

Tampilan knalpot dan bodi lebih kalem

Knalpot dan bodi lebih besar, tampak agresig
Nah di depannya terpasang lampu model baru yang dijuluki FZ-8 style. Yang jika diperhatikan bentuknya agak aneh. Dalamnya pakai multireflektor dan bohlam halogen jenis HS-1. Karakternya istimewa di posisi high beam, terang dan jauh.

Nah pasangannya lampu belakang dengan dimensi lebar, berisikan lampu bertampilan LED. Sayang dimensinya terlihat agak berlebihan. Untung sinarnya terang namun tak terlalu menyilaukan. Kombinasinya dengan sein yang bentuknya sama persis dengan milik V-Ixion.

Bagian bawahnya bersarang sepatbor yang lebih pendek namun lebar. “Sehingga jarak antara ban dan bodi jadi terlihat lebih jauh,” terang M. Abidin, Manager Technical Department-Service Division PT YMKI. Banyak yang mengira karena ada perubahan di sektor suspensi belakang, padahal sama sekali tak ada. Sedang sepatbor depan diberi lekukan baru agar lebih futuristik.

Sedikit geser ke tengah, bodi samping kini dibikin terpisah jadi dua. Desain lebih agresif terlihat dari lekukan tajamnya. Dan juga memudahkan mekanik saat pembongkaran. Sedang Scorpio Z menjadi satu bagian serta tak banyak lekukan.

Setang Scorpio lebih tinggi, posisi duduk santai


Setang New Scorpio Z lebih pendek, riding style merunduk
Nah joknya pun ada perubahan, terutama pada bagian pembonceng. Pada New Scorpio Z dibikin lebih tinggi 4 cm, sehingga pembonceng posisinya lebih nyaman dan tetap bisa ikut memperhatikan kondisi depan.

Rangka? “Sama sekali tak ada perbedaan dibanding Scorpio Z,” lanjut Abidin. Begitu pula mesin, spesifikasi tak berubah, namun tenaga dan torsi jadi lebih rendah. Scorpio Z 19 dk/8.000 rpm dan 18,23 Nm/6.500 rpm, sedang New Scorpio Z 18,2 dk/8.000 rpm, 17,5 Nm/6.500 rpm.

Pada bagian pembangkit tenaga yang beda hanya karburator yang kini menggunakan kabel gas tipe pull-pull. Bertujuan agar saat akselerasi maupun deselerasi lebih smooth. Selama ini Scorpio memang terkenal entakannya dasyat! Selesai? Belum, knalpot pun kini punya tampilan lebih fresh, dengan adanya cover yang membuatnya tampil lebih gagah dan agresif. “Juga desain peredamannya pun ada ubahan,” tutup Abidi.
Tabel dimensi :
ITEM 5BP 54D
Panjang Total 2.020 mm 2.025 mm
Lebar Total 770 mm 750 mm
Tinggi Total 1.090 mm 1.095 mm
Tinggi Tempat Duduk 770 mm 770 mm
Jarak Sumbu Roda 1.295 mm 1.295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm 165 mm
Berat Total 136 kg 141 kg
Penulis/Foto: Aant / Salim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar