Rabu, 24 November 2010

Motor Bebek Honda 125 CC injeksi bisa Uiiriit banget kalo diModif Streamline !!

Motor Bebek Honda 125 CC injeksi bisa Uiiriit banget kalo diModif Streamline !! Januari 24, 2010

Posted by Taufik in custom bike.
trackback
Weleh judulnya provokatip banget ya? Di Indonesia, Motor bebek Honda 125 cc Injeksi adalah Supra X 125 PGMFi, Tapi saya nggak mau sebut itu karena Modifikasi yang dijelaskan dalam artikel ini bukan berasal dari motor ini, melainkan Honda Innova a.k.a. ANF125i . . .Tapi mungkin sama saja Wallahu alam deh Cobe deh baca di Blognya Kilau Biru. ..  ok kembali ke topik, Allert Jacobs Seorang Belanda membeli Motor ANF 125i tahun 2007 di Belgia dan mengendarainya sebelum dimodifikasi sejauh 1.000 km. Kondisi Stock Motor yang dibeli Allert Jacobs dapat di geber dan mencapai nilai efesiensinya antara 46-52 km per liter. Cita citanya ingim membuat motor ini bisa menyentuh angka psikologis efesiensi 100 km per liter !! bisa nggak ya??
Motor ini mengalami dua kali modifikasi. Modifikasi pertama dilakukan tahun 2007 juga dengan mengubah posisi duduk menjadi semi selonjoran dan menambahkan semacam half Fairing di bagian depan motor, seperti dapat bro lihat pada gambar disamping dan dibawah. Dengan fairing semacam ini hanya diperoleh kenaikan efesiensi konsumsi bahan bakar sampai maksimal 63,6 kilometer per liter saja. Hasil ini tentu tidak mebuat Jacobs berpuas diri. Ia pun mengevaluasi desainnya dan mendapat hipotesis bahwa motor yang ia rancang kurang aerodinamis, maka sepanjang tahun 2008 ia sibuk mendesain streamline Fairing untuk bebek 125 cc ini.
:roll: begini posisi duduknya di versi awal
:roll: bobok Crank case buat bikin kopling manual
:roll: desain posisi duduk pada versi ke dua
Tidak hanya mendesain fairing streamline dari fiber glass , ia pun mendesain beberapa ubahan pada motor nya. Bagian transmisilah yang menjadi sasaran utamanya. menurutnya Untuk mencapai efesiensi, motor ini harus diubah agar lebih ‘jinak’ . Oleh karena itu ia mengubah komposisi sproket dari 14/35 menjadi  17/28. Komposisi ini membuat gear satu dan dua menjadi sama panjang sehingga menurut Jacobs sangat menunjang efesiensi. Jacobs pun membuat motor ini menjadi berkopling manual, ia bela belain membobok crank case untuk peranti kopling manual :mrgreen: , harusnya dia pesen aja ya ke Indonesia xixixixi.
:roll: ini motor bahannya, spatbor belakangnya cakeb euuy
Singkat kata singkat cerita di tahun 2009, motor streamline berbeasis Honda bebek 125 cc Injeksi pun selesai. Bobot total motor kustom ini menjadi 319lbs , sekitar 88 lbs lebih berat dibanding motor standar. Jacobs memang sengaja tidak membuat lapisan fiber nya tipis karena ia berfikir sedikit bobot akan membantunya untuk lebih stabil bila berhadapan dengan dengan side wind (angin dari samping). Hasil maksimal yang ia capai saat riding  dengan kecepatan 55mph  adalah 90,9 Km per Liter . Ini didapat dengan Kondisi lingkungan kecepatan Angin 25mph dan temperatur  54 F.  masih jauh siy, tapi lumayan lah. Tapi ya itu dia efesiensi harus dibayar dengan performa yang seadanya 55 mph :) . semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
Sumber : Recumbent motorbike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar